Pedoman Penulis

PETUNJUK PENULISAN JURNAL IKTISYAF

 

Petunjuk Penulisan: Jurnal IKTISYAF jurnal ilmu dakwah dan tasawuf

Perkenalan

Jurnal IKTISYAF jurnal ilmu dakwah dan tasawuf, dengan nomor terdaftar ISSN 2774-5511 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sekolah tinggi ilmu dakwah sirnarasa. yang mencakup banyak temuan maupun masalah umum atau masalah yang terkait dengan ilmu komunikasi, dakwah dan tasawuf. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau gagasan dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang kajian komunikasi, dakwah dan tasawuf. 

Cara Menulis Judul, Nama, dan Alamat Penulis

Judul naskah harus ditulis di bagian atas halaman pertama dengan garis tengah penjajaran teks dengan ukuran huruf 14 dengan banyak kata 10-15. Sementara itu, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis, harus ditulis dengan perataan teks tengah juga di bawah judul artikel. Penulis harus memberikan dua spasi antara judul dan nama penulis. Bila penulisnya dua, maka yang diutamakan adalah penulis pertama, selanjutnya penulis kedua. Kemudian dibawahnya tulis program studi dari asal penulis. Kemudian, jarak antara alamat afiliasi penulis dan judul abstrak adalah satu spasi. Kata kunci harus ditulis di bawah abstrak keseluruhan untuk semua kata. Mereka harus disusun dalam urutan abjad dan dipisahkan oleh titik koma secara maksimal tiga hingga lima kata. Selain itu, judul artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia juga harus dinyatakan dalam Bahasa Inggris. 

Penulis yang bertanggung jawab, penulis korespondensi, atau penulis yang sesuai harus ditulis pertama dan kemudian diikuti oleh yang kedua, ketiga, dan seterusnya. Komunikasi mengenai revisi artikel dan pernyataan akhir akan diinformasikan melalui email ke penulis korespondensi saja. Jika ada lebih dari satu penulis, nama penulis harus ditulis secara terpisah dengan koma (,). Jika nama penulis terdiri dari setidaknya dua kata, nama pertama tidak boleh dikompensasi. Jika nama-nama penulis hanya satu kata, itu harus ditulis seperti itu. Namun, dalam versi online itu akan ditulis dalam dua kata dengan nama yang sama berulang kali untuk tujuan pengindeksan metadata.

Panduan Umum Manuskrip

Pedoman umum naskah manuskrip adalah sebagai berikut:

 Naskah adalah hasil penelitian otentik yang belum dipublikasikan di media publikasi lain atau penerbit.

  1. Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia sebagai bahasa standar. Naskah harus ditulis sesuai template artikel. Artikel ditulis pada kertas ukuran B5 JIS, dengan margin khusus sebagai berikut: kiri 1,75 mm, kanan 2,25 mm, bawah 3 mm dan atas 30 mm, font tema garamond, ukuran font 12pt, dan 1,5 baris- jarak.
  2. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word pada kertas A4, sekitar 5.000-7.000 kata termasuk angka, tabel dan referensi.
  3. Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme apa pun. Dewan editorial akan langsung menolak teks yang menunjukkan plagiarisme.
  4. Pedoman dan template penulisan artikel manuskrip dapat diunduh. Template dan panduan penulisan artikel tersedia dalam format MS Word (.doc).
  5. Naskah penyampaian online dapat dilihat di bagian dari pedoman pengiriman online.
  6. Naskah yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan: jurnal ilmu dakwah dan tasawuf akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses peninjauan.
  7. Naskah harus berisi beberapa aspek dari sebuah artikel ilmiah sebagai berikut: (sub judul sebagai urutan), yaitu: (a) judul artikel, (b) nama penulis (tanpa gelar akademik), (c) penulis berafiliasi ini alamat, (d) email penulis (e) abstrak dan kata kunci, (f) pendahuluan, (g) landasan teori, (h) temuan dan diskusi penelitian, (i) kesimpulan, (j) referensi.
  8. Sub judul yang termasuk dalam bagian diskusi (Pendahuluan, landasan teori, Hasil dan Pembahasan, dan Simpulan) tidak boleh diberi nomor. Subjudul ditulis dalam format huruf tebal dan judul, menggunakan perataan teks kiri tanpa garis bawah. Sub judul yang diperluas berikutnya harus ditulis dalam format huruf tebal dan kalimat, harus menggunakan penjajaran teks kiri dan format penomoran tingkat dua.
  9. Kata-kata dari bahasa asing dinyatakan dalam format Italic. Setiap paragraf mulai 10mm dari perbatasan sisi kiri sementara tidak ada spasi di antara paragraf. Semua nomor ditulis dalam format penomoran bahasa Arab, kecuali untuk kalimat baru.
  10. Tabel dan gambar ditempatkan dalam grup teks setelah tabel atau gambar yang direferensikan. Setiap gambar harus diberi keterangan dan sumber (Keterangan Gambar) di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran bahasa Arab diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Table Caption) dan diberi nomor dalam format penomoran bahasa Arab di atas tabel diikuti dengan judul tabel dan sumber di bawah tabel. Lampiran gambar harus dijamin bahwa mereka dapat dicetak dengan baik dalam tinta hitam dan putih (ukuran font, resolusi dan ruang garis yang jelas terlihat). Gambar, tabel, dan bagan harus ditempatkan di pusat antara grup teks. Jika memiliki ukuran lebih besar, dapat ditempatkan di tengah halaman. Tabel tidak boleh berisi garis vertikal, sementara garis horizontal hanya diperbolehkan untuk titik penting.

 

Pedoman untuk Teks Tubuh Naskah

Judul naskah: Judul harus informatif dan ditulis dengan singkat dan jelas. Itu tidak bisa beragam tafsir. Itu harus tepat dengan masalah yang akan dibahas. Kata awal ditulis dalam huruf kapital dan simetris. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak lazim. Ide utama harus ditulis pertama dan diikuti kemudian oleh penjelasannya. Judul artikel harus ditulis dalam dua belas kata, font berukuran 14pt, dengan pilihan tebal dan dalam format teks tengah.

 

Abstract: Ketik abstrak bahasa inggris di sini. Isi abstract atau abstrak menggunakan font garamond 12. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. Isi abstrak bahasa inggris maksimal 200 kata.

 Key word: minimal 3 kata

Pendahuluan: Pendahuluan berisi latar belakang penelitian, penelitian terdahulu, perbedaan dengan penelitian saat ini, lokasi penelitian, pertanyaan penelitian, dan metode penelitian. Kutipan gunakan bodynote (Nama Akhir Penulis, Tahun: Halaman). Jumlah pendahuluan antara 800-1.000 kata, tidak ada subjudul, tidak ada numbering dan bulleting, (diganti menjadi (1)…, (2)… atau pertama, … kedua, …. dalam bentuk paragraf. (Style Jurnal_2.3 Body Artikel Paragraf 1)..

LANDASAN TEORITIS: Landasan teoritis menuliskan teori/konsep utama. Awali landasan teoritis dengan kalimat pengantar yang menjelaskan teori apa saja yang akan dibahas di bagian ini. Kutipan gunakan bodynote. Jumlah isi landasan teoritis maksimal 1.000 kata, tidak ada subjudul, tidak ada numbering dan bulleting. Kutipan tidak langsung (dengan menulis ulang kata-katanya (parafrasa) tulisannya berbeda, idenya tetap sama) tuliskan sumber referensinya. Kutipan langsung (kalimatnya persis sama dengan sumbernya) bila kurang dari 4 baris ditulis dengan menambahkan tanda “….” dan tuliskan sumbernya. (Style Jurnal_2.3 Body Artikel Paragraf 1).

Hasil Dan Pembahasan: Hasil dan Pembahasan berisi kondisi objektif penelitian 2-3 paragraf  (tanpa kata kondisi objektif penelitian), dan ringkasan hasil penelitian. Isi keseluruhan hasil dan pembahasan berjumlah 3.000-4.000 kata. Tidak ada numbering dan bulleting. (Style Jurnal_2.3 Body Artikel Paragraf 1)

Penutup: Penutup diambil dari Bab IV skripsi, berisi ringkasan hasil penelitian, dan saran untuk penelitian selanjutnya, ditulis dengan kalimat berbeda dari bagian hasil dan pembahasan, berisi 400-500 kata, tidak ada subjudul, numbering atau bulleting. (Style Jurnal_2.3 Body Artikel Paragraf 1).

Panduan untuk Kutipan dan Referensi

Daftar pustaka disusun secara alfabetis berdasarkan nama belakang penulis yang dikutip. Isi daftar pustaka harus sesuai dengan kutipan dalam artikel jurnal bukan kutipan dalam skripsi. Daftar pustaka wajib mencantumkan kutipan minimal dari 1 artikel yang dipublikasikan di jurnal iktisyaf STID Sirnarasa. Tulisan daftar pustaka menggunakan format penulisan daftar pustaka mengikuti APA Style 6th Edition seperti di bawah ini. (Hapus tulisan Format Buku, dst).  (Style 2.7 Daftar Pustaka, edit lagi)