Pengaruh Salat Tahajud Terhadap Kedisiplinan Santri Putra Mts Di Pondok Pesantren Sirnarasa Ciamis

Isi Artikel Utama

Widiya

Abstrak

Penelitian didasari adanya fenomena pelaksanaan salat tahajud berjamaah diwajibkan bagi santri di Pondok Pesantren Sirnarasa Ciamis. Penelitian bertujuan mengetahui apakah pelaksanaan salat tahajud berpengaruh terhadap kedisiplinan santri putra. Teori penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh Asrifin An Nakhrawie. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode survey, analisis statistik dengan SPSS menggunakan uji regresi linier sederhana. Sampel santri putra pada jenjang Pendidikan MTs de


Penelitian didasari adanya fenomena pelaksanaan salat tahajud berjamaah diwajibkan bagi santri di Pondok Pesantren Sirnarasa Ciamis. Penelitian bertujuan mengetahui apakah pelaksanaan salat tahajud berpengaruh terhadap kedisiplinan santri putra. Teori penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh Asrifin An Nakhrawie. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode survey, analisis statistik dengan SPSS menggunakan uji regresi linier sederhana. Sampel santri putra pada jenjang Pendidikan MTs dengan jumlah 120 diambil dengan Teknik sampling menggunakan acuan rumus Slovin. Teknik pengambilan data dengan kuesioner. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil dari penelitian yaitu terdapat pengaruh Santri Putra MTs di Pondok Pesantren Sirnarasa Ciamis dengan hasil uji didapatkan yaitu  3,07 dan  = 1,980. Diketahui  >  yaitu 19,933 > 3,07 dan  >  yaitu 4,465 > 1,980. Kemudian, nilai signifikansi < nilai probabilitas yaitu 0,001 < 0,05. Presentasi pengaruh salat tahajud 14,5% terhadap kedisiplinan dan 85,5% persen dipengaruhi oleh faktor di luar variabel X.


Kata kunci: tahajud: kedisiplinan(disiplin)


ngan jumlah 120 diambil dengan Teknik sampling menggunakan acuan rumus Slovin. Teknik pengambilan data dengan kuesioner. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil dari penelitian yaitu terdapat pengaruh Santri Putra MTs di Pondok Pesantren Sirnarasa Ciamis dengan hasil uji didapatkan yaitu  3,07 dan  = 1,980. Diketahui  >  yaitu 19,933 > 3,07 dan  >  yaitu 4,465 > 1,980. Kemudian, nilai signifikansi < nilai probabilitas yaitu 0,001 < 0,05. Presentasi pengaruh salat tahajud 14,5% terhadap kedisiplinan dan 85,5% persen dipengaruhi oleh faktor di luar variabel X.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Widiya. (2024). Pengaruh Salat Tahajud Terhadap Kedisiplinan Santri Putra Mts Di Pondok Pesantren Sirnarasa Ciamis. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 5(2), 74–91. Diambil dari https://jurnal.stidsirnarasa.ac.id/index.php/iktisyaf/article/view/107
Bagian
Artikel

Referensi

Al-Quran Dan Terjemahannya. 2008. Departemen Agama RI

A, D. K. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Grasindo.

Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spritual (ESQ) . Jakarta: Arga Wijaya Persada.

Agustini, R. (2017). Pengaruh Punishment Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VII Mts Negeri Kandat Tahun Pelajaran 2016/2017. Tesis, 12.

Al-Maraghi, A. M. (1946). Tafsir Al-Maraghi. Lebanon: Darul Al-Kutub Beirut.

Anton M. Moeliono, D. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Anwar, M. F. (2019). Landasan Bimbingan Dan Konseling Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Arifin, A. S. (2020). Kitab Pengetahuan Sholat Wajib & Sunah . Jawa Tengah: Desea Pustaka Indonesia.

Arifin, B. S. (2008). Psikologi Agama. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arikunto, S. (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2005). Prosedur Penelitian Suatu . Bogor: Ghalia Indonesia.

Ash-Shiddieqy, M. H. (1997). Pedoman Shalat. Semarang: Pustaka Rizki.

Basri, H. (1996). Merawat Cinta Kasih . Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Crow, L. D. (1984). Psikologi Pendidikan. . Surabaya: Bina Ilmu.

Fadilah, R. W. (2021). Pendidikan Karakter. Jawa Timur: Agrapana Media.

Fatwikiningsih, N. (2020). Teori Psikologi Kepribadian Manusia. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Hurlock, E. (1980). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Iswati, M. A. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga.

Jalaluddin. (1996). Psikologi Agama. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Juliya, Z. S. (2014). Hubungan Antara Kedisiplinan Menjalankan Sholat Tahajjud Dengan Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok Pesantren Jawaahirul Hikmah III Besuki Kabupaten Tulungagung. Skripsi, 1.

Kartadinata, S. (2003). Reaktualisasi Paradigma Bimbingan Dan Konseling Serta Profesionalisasi Konselor. Jurnal Bimbingan Dan Konseling.

Khatib, M. (2019). Tangisan Malammu Dapat Mengubah Takdir. Surabaya: CV Pustaka Media.

Khoiruddin, M. (2018). Pengaruh Solat Tahajud Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Riyadlul Mubtadi'in Singgahan Tuban. Skripsi.

Kiram, M. S. (2018). Pengaruh Pembiasaan Shalat Tahajud Terhadap Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Manbaul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo. Skripsi.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lateiner, A. R. (1980). Teknik Memimpin Pegawai Dan Pekerja . Jakarta: Aksara Baru.

Lc, A. S. (2015). Seri Fiqih Kehidupan 3. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing.

Malihah, C. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Dalam Beribadah Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Di Madrasah Tsanawiyahal-Khairiyah Pipitan. Skripsi.

Malik, M. R. (2003). Puasa; Menyelami Arti Kecerdasan Spiiritual Dan Kecerdasan Emosional Di Bulan Ramadhan. Jakarta: Pustaka Zahra.

Medika, A. A. (2012). Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Moenir. (2010). Masalah-Masalah Dalam Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karakter Dalam Buku Pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.

Muqit, A. (2018). Sholat Tahajud & Kebahagiaan. Malang: UPT Percetakan Dan Penerbitan Polinema.

Mutaqin, Z. (2009). Pengaruh Solat Tahajud Terhadap Sikap Keberagamaan Siswa (Studi Kasus Di Mts Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Ilir Pamulang). Skripsi.

Nakhrawie, A. A. (2020). Selamat Tinggal Susah. Sidoarjo: Genta Group Production.

Nasional, D. P. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nisa El-Amala, S. Y. (2022). Parenting. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka.

Pertiwi, B. S. (2020). Pengaruh Shalat Tahajud Relaksasi Terhadap Penurunan Perilaku Stres Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyusun Skripsi Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. Skripsi.

Poerwadarminta, W. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Prijodarminto, S. (1994). Disiplin Menuju Sukses. Jakarta: Raja Grafindo.

Putri, N. A. (2021). Pembiasaan Shalat Tahajud Dalam Membentuk Karakter Disiplin Santri Di Pesantren Darul Aitam Aqshal Ghayat Jakarta. Skripsi.

Rifa'i, M. (2013). Risalah Tuntunan Salat Lengkap. Semarang: PT. Karya Toha Putra.

Sahriansyah. (2014). Ibadah Dan Akhlak. Yogyakarta: IAIN ANTASARI PRESS.

Sandu Siyoto, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Liteasi Media Publishing.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al- Misbah. Tangerang : Lentera Hati.

Shocib, M. (1998). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Sholeh, M. (2006). Terapi Shalat Tahajud. Jakarta: Penerbit Noura.

Sholeh, M. (2012). Pengaruh Salat Tahajud Terhadap Peningkatan Perubahan Respon Ketahanan Tubuh Imunologik. 29.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak, Peran Moral, Intelektual, Emosional, Dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Supendi, P. (2020). Development Of Character Education Models In Madrasas Through The Establishment Of The Tahajud Prayer. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 103.

Syams, Y. H. (2008). Indahnya Tahajud. Yogyakarta: Mutiara Media.

Tulus, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.

Wilcox, L. (2018). Psikologi Kepribadian. Yogyakarta: Ircisod.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, Dan Implementasi . Jakarta: Kencana.

Yusuf L. N., S. J. (2006). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zainuddin, H. (2016). Hebatnya Shalat Tahajud. Jakarta: PT. Al-Mawardi Prima.