Upaya Pusat Informasi dan Konseling Remaja dalam Mencegah Patologi Sosial pada Remaja

Isi Artikel Utama

Raras S
Ahmad Gojin

Abstrak

Penelitian membahas Upaya Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dalam Mencegah Patologi Sosial Pada Remaja. Latar Belakang penelitian ini adalah : 1) Faktor kondisi keluarga yang tidak harmonis. 2) Faktor didikan keluarga. 3) Faktor lingkungan dan pergaulan. 4) Untuk mengetahui program upaya pusat informasi dan konseling remaja dalam mencegah patologi sosial pada remaja. 5) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pusat informasi dan konseling remaja. 6) Untuk mengetahui manfaat program pusat informasi dan konseling remaja dalam mencegah patologi sosial pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriftif kualitatif. Subjek penelitian atau Informan dalam penelitian ini adalah Ketua dan Anggota PIK-R baros Kecamatan Panjalu. Kesimpulannya antara lain: 1) Program Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) adalah : a)  PEMALAS (Peduli Masalah Sampah), b) MABIT (Malam Bina Iman Dan Taqwa), c) KURUS BATAL (Kreasi Usaha Baros Metal), d) KETUPAT (Kreasi Upacara Adat), e) TOHAGA (Tanaman Obat Herbal Keluarga Remaja), f) GOA (Genre On Action). 2) Faktor Pendukung Program Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (PIK-R) mendapat dukungan dari remaja dan masyarakat setempat juga kepala dusun itu sendiri. Dengan adanya program ini menimbulkan hubungan kekeluargaan yang baik antara para anggota PIK-R. Faktor penghambat Setiap akan diadakan jadwal pertemuan terkadang masih ada remaja yang susah untuk diajak meskipun sebelumnya sudah diatur jadwal untuk pertemuan. Juga yang hadir dalam pertemuan  orangnya itu-itu saja, banyaknya peremuan dan laki-lakinya sedikit. 3) Hasil Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (PIK-R) dalam menjalankan program nya berjalan dengan baik

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sa’diah, R. ., & Gojin, A. (2023). Upaya Pusat Informasi dan Konseling Remaja dalam Mencegah Patologi Sosial pada Remaja. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 5(1), 53–65. Diambil dari https://jurnal.stidsirnarasa.ac.id/index.php/iktisyaf/article/view/167
Bagian
Artikel

Referensi

Sugiyono. 2007. metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.

Moleong, Lexy J.. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

OCTANIA, W., Yusnaini, Y., & Yanti, M. (2020). PERAN PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA (PIK R) DI SMA NEGERI 22 PALEMBANG (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Sudarmi Su`ud, 2011. Jurnal remaja dan perilaku penyimpangan. NO. 34. Vol. 1.

Temazaro Zega, dkk, 2015. Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja/ Mahasiswa (PIK R/M). Direktorat Bina Kesehatan Remaja : Jl. Permata No.1 Halim Perdana Kusuma - Jakarta Timur.

Fitriyanti, D., & Iswari, R. (2020). Sosialisasi Pembinaan Karakter dalam Program Generasi Berencana (GenRe) Melalui Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIK-MA) Sahabat Kota Pekalongan. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 9(2), 1014-1025.

Syarif, M. I. (2016). Masalah dan Solusi Patologi Sosial Di Kota Tangerang Selatan. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 3(2), 121-136.

Habsy, B. A. (2017). Filosofi ilmu bimbingan dan konseling Indonesia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 1-11.

Prayitno, Msc. Ed dan Erman Amti (2018). Dasar-dasar bimbingan dan konseling.

Deni, F. (2011). Bimbingan konseling. Yogyakarta: Teras.

Lanny, L. (2021). PATOLOGI SOSIAL MASYARAKAT PEDESAAN (Studi Terhadap Judi Sabung Ayam di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Bima, S. T. I. H. S. M. PATOLOGI SOSIAL MASYARAKAT.

Arisona, R. D. (2018). Pengelolaan sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada pembelajaran IPS untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39-51.

Rifa'i, A., & Rusdiati, R. (2021). Pembinaan Karakter Melalui Kegiatan Malam Bina Iman Dan Taqwa di SDIT An-Nahl Tabalong. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 104-118.

Aeni, N. (2015). Upacara Adat dalam Perawatan Maternal di Desa Jrahi dan Desa Pakem. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 11(1), 56-64.

SANDI, M. N., Ritonga, H., & Mukhlis, M. (2021). PERANAN ORGANISASI REMAJA MASJID DALAM MEMBINA PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DI DESA KAMPUNG BARU (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

CHAIRUNNISA, F. (2021). PERAN PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MENCEGAH PERILAKU PACARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 PEKANBARU (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Sari, G. A. (2020). Guru Bimbingan Konseling dalam Fungsi pada Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh dari Rumah. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 452-461.

Khodijah, K. (2016). Strategi orangtua dalam mengatasi patologi sosial di desa Malintang Jae Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133.

Burlian, P. (2022). Patologi sosial. Bumi Aksara.

Hambali, H. (2017). Eksplorasi Pembelajaran Tadabbur Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis (Naturalistik Intellegence) Dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intellegence) Siswa SMP Unismuh Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 99-108.

Cahya Putri, G. Pelaksanaan Program Pik R Dan Dampaknya Bagi Remaja (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember).

Daleno, A., & Kalampung, D. (2021). EFEKTIVITAS PUSAT INFORMASI KONSELING REMAJA (PIK-R) DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU YANG MENYIMPANG REMAJA DI WILAYAH PELAYANAN GMIM BITUNG DELAPAN. APOLONIUS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 28-55.