Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Teknik Role Playing

Isi Artikel Utama

Yandi Cahya Yundani

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang motivasi belajar mahasiswa tingkat akhir yang akan menulis skripsi pada program studi Bimbingan Penyuluhan Islam di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Sirnarasa. Menurunnya motivasi belajar mahasiswa akan menghambat dalam menulis skripsi yang akan mengakibatkan terlambatnya lulus dan menyandang gelas sarjana. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain subyek tunggal atau Single Subject Research (SSR). Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran profil motivasi belajar mahasiswa tingkat akhir pada program studi Bimbingan Penyuluhan Islam di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Sirnarasa, (2) memperoleh gambaran empiris efektivitas teknik konseling role playing dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa tingkat akhir pada program studi Bimbingan Penyuluhan Islam di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Sirnarasa. Lokasi penelitian di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Sirnarasa dengan mengambil subjek penelitian yakni mahasiswa program studi Bimbingan Penyuluhan Islam. Hasil penelitian menunjukkan secara empirik bahwa perlakuan atau intervensi dengan teknik konseling role playing teruji efektif untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Implementasi dari penelitian ini diharapkan dapat diterapkan di lingkungan pendidikan secara berkelanjutan.


 


Kata kunci : Motivasi Belajar, Role Playing

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Cahya Yundani, Y. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Teknik Role Playing. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 5(1), 13–31. Diambil dari https://jurnal.stidsirnarasa.ac.id/index.php/iktisyaf/article/view/213
Bagian
Artikel

Referensi

Baktiningtyas, Rivian Susanti. 2011. Studi Kasus Tentang Motivasi Belajar Rendah Pada Siswa Kelas IX Melalui Konseling Individual Dengan Pendekatan Realitas Di SMP N 2 Rembang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Harianti, R., & Amin, S. (2016). Pola asuh orangtua dan lingkungan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(2).

Lestari, Ni Putu Parastuti dkk. (2022). Analisis Motivasi Belajar Matematika Beserta Alternatif Solusinya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Denpasar di Masa Pandemi. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol. 16 No 1, April 2022 e-ISSN: 2549-6727 , p-ISSN: 1858-0629.

Oktariningtyas, Anna Maria. 2009. Hubungan Daya Juang dan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas 7 SMP Strada Bhakti Utama Jakarta Selatan. Psiko-Edukasi Jurnal Pendidikan, Psikologi, dan Konseling. 96-103

Prayitno. 2005. Dasar-Dasar BK. Jakarta. Rineka Cipta

Puthree, An Nisa, dkk. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. JURNAL BASICEDU. Volume 5 Nomor 5 Tahun 2021 Halaman 3101 – 3108.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Sunanto, J. dkk. (2005). Pengantar penelitian dengan subyek tunggal. CRICED University of Tsukuba.

Sura, Handayani. 2018. Motivasi Belajar Rendah Dan Upaya Penanganannya Dengan Modeling Langsung (Studi Kasus Di SMPN I Bonggakaradeng). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan

Uno, B Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wlodsowski R.J & Jaynes J.H. 2004. Hasrat Untuk Belajar. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Yundani, YC. (2014). Studi Deskriptif Tentang Motivasi Belajar Pecandu Narkoba. Skripsi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.