Peran Bimbingan Keagamaan dalam Rehabilitasi Pecandu Narkoba

Isi Artikel Utama

Lutfia Ulfa
Witrin Noor Justiatini

Abstrak

Permasalahan narkotika telah membuat negara di dunia merasa resah dan khawatir. Proses rehabilitasi membutuhkan waktu lama, karena kecanduan narkoba sering disertai relapse. Sehingga, pecandu mengalami kesulitan dalam mengontrol perilakunya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Rational Emotive Behavior Therapy dari Albert Ellis. Teori ini sesuai dengan tujuan dari adanya pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam rehabilitasi yaitu bagaimana caranya agar dapat mengubah mindset klien, sehingga klien dapat berpikir dan berperilaku rasional. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dikarenakan masalah yang diteliti perlu dijelaskan secara sistematis dan faktual dengan menggambarkan keadaan tempat penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah bimbingan keagamaan perlu dirancang, diorganisasi, dilaksanakan, diawasi dan dievaluasi dengan baik; dalam proses rehabilitasi dibutuhkan kerjasama dan dukungan penuh dari semua faktor; hasil dari bimbingan keagamaan adalah: mendapatkan ketenangan yang hakiki; adanya perubahan mindset; dan adanya perubahan perilaku

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ulfa, L., & Noor Justiatini , W. (2021). Peran Bimbingan Keagamaan dalam Rehabilitasi Pecandu Narkoba. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 3(2), 55–77. https://doi.org/10.53401/iktsf.v3i2.67
Bagian
Artikel

Referensi

Anshari, Endang Saifuddin. (2004). Wawasan Islam. Jakarta.: Gema Insani Press.

Awaludin, Mohamad Akbar. (2019). Implementasi Bimbingan Keagamaan Sebagai Upaya Pemulihan Kesehatan Mental Bagi Pecandu Narkoba di Yayasan Nurul Ichsan Al- Islami Kalimanah Purbalingga. Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

Dewi, Putri Asmara. (2018). Therapeutic Community Bagi Pecandu Narkoba di Loka Rehabilitasi BNN Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Faqih, Aunur Rahim. (2001). Bimbingan dan Konseling dalam Islam. Jogjakarta: UII Press Yogyakarta.

Farida dan Saliyo. (2008). Teknik Bimbingan Konseling Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Kudus.

Jalaludin. (2015). Psikologi Agama: Memahami Tingkah Laku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Jamaludin, Opik. (2021). Peran Pesantren Salafi dalam Peningkatan Kualitas Akhlak Santri. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawwuf. Vol. 3. No. 1. Hal. 86-106

Latifah, Nur Khayyu. (2018). Rehabilitasi Mental Spiritual Bagi Pecandu Narkoba Di Pondok Pesantren Jiwa Mustajab Purbalingga (Analisis Bimbingan Dan Konseling Islam). Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Semarang.

Ni’ami, Alifia Nuzilu. (2019). Bimbingan dan Konseling Islam dengan Teknik Self Control bagi Pengguna Narkoba dan Minuman Keras di Dusun Selorentek Kulon Kelurahan Karanganyar Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.

Nurihsan, Ahmad Juntika dan Akur Sudiarto. (2009). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jakarta: Grasindo.

Putri, Intan Agitha. (2018). Hubungan Antara Self Efficacy Dan Kecenderungan Relapse Pada Pecandu Narkoba Yang Menjalani Rehabilitasi. Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Yogyakarta.

Renny, Clauradita Angga. (2018). Terapi Mandi dan Dzikir dalam Upaya Pemulihan Pecandu Narkoba (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tegalsari Surakarta). Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Surakarta.

Sejati, Dhiya Wisnu. (2015). Terapi Godok Gangguan Jiwa Diagnosa Penyalahgunaan Zat Adiktif di Yayasan Nurul Ichsan Al Islami Purbalingga. Dakwah dan Komunikasi. Insitut Agama Islam Negeri Purwokerto. Purwokerto.

Sulaiman, Ilman. dkk. (2016). Peran Yayasan Pendidikan Islam Nurul Ichsan Al Islami dalam Rehabilitasi Sosial dan Ekonomi Bagi Pecandu Narkoba Melalui Pengobatan Herbal (Non Medis), Pendekatan Spiritual (Islami) dan Program Pemberdayaan. Kontekstualitas. Vol.32. No.2.

Sutirna. (2013). Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal dan Nonformal dan Informal. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.

W.J.S. Poerwardaminta. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Yunita, Feni. (2018). Proses Pemulihan Pengguna Narkoba Melalui Terapi Zikir Dipusat Rehabiilitasi Narkoba Ar- Rahman Palembang. Kesehatan Masyarakat. Universitas Sriwijaya. Sriwijaya.

Zukhruf, Rafica Lela. (2017). Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba Di Panti Nurul Ichsan Al-Islami Desa Karangsari Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama