Self-Regulation in Building Motivation

Isi Artikel Utama

Yandi Cahya Yundani

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan berperan dalam kehidupan manusia. Salah satu kegiatan Pendidikan yang nampak adalah bersekolah, individu yang bersekolah akan melewati beberapa tingkatan dimana dalam melewati tingkatan-tingkatan tersebut akan banyak menghadapi hambatan-hambatan baik dari dalam dirinya sendiri maupun dari luar dirinya. Namun kondisi pandemi mengharuskan pendidikan dan sekolah dilakukan secara daring yang mengakibatkan siswa belajar di rumah secara daring dan tidak bertatap muka. Belajar daring mempengaruhi motivasi belajar siswa. Hal tersebutlah yang melatar belakangi dalam penulisan artikel ini. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui konsep regulasi diri dalam membangun motivasi. Regulasi diri merupakan hal penting dalam membangun motivasi individu, dimana regulasi diri lebih menekankan pada kognisi agar dapat menangkal dan mengubah pengaruh negatif dari lingkungan sosial

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Cahya Yundani, Y. (2022). Self-Regulation in Building Motivation. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 4(1), 21–35. https://doi.org/10.53401/iktsf.v4i1.71
Bagian
Artikel

Referensi

A.M. Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press. Abbas, E. W., & Erlyani, N. (2020). Menulis di Kala Badai Covid-19. Banjarmasin:

Universitas Lambung Mangkurat.

Adhetya Cahyani, dkk. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 3 No. 01 2020, p. 123-140

ISSN: 2338-4131 (Print) 2715-4793 (Online). DOI:

https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Agus Abdul Rahman. (2013). Psikologi Sosial:Integrasi Pengetahuan. Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press. Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah

Malang.

Amna Emda. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal 5, no. 2 (2018): 181.

Apranadyanti, Nitya. (2010). Hubungan antara Regulasi diri dengan Motivasi Berprestasi pada siswa kelas X SMK Ibu Kartini Semarang. Semarang : Universitas Diponegoro.

Bandy, T., & Moore, K., A. (2010). Assessing self - regulation: A guide for out-of-school time program practitioners. Journal Research to result trends child.

Bauer, I., & Baumeister, R. (2011). Handbook of self regulation, research, theory, and application. Second edition. London & New York: The Guilford Press

Dewi Permata Sari dan A. R. Rusmin. (2018). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sman3 Tanjung Raja. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi 5, no. 1 (2018): 80–88

Dimyati, Mudjiono, 2013. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Erlina, Rina. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMA. Semarang: Universitas Semarang.

Fauzi & Irviani. (2018). Pengantar Manjemen-Edisi Revisi. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI)

Febrianti, Ella Puspita. (2021). Motivasi Belajar Menurun Imbas Dari Covid-19.

Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Hamli Arif Yusuf. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

M.Nur Ghufron dan Rini Risnawita. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pintrich, P. R., & De Groot, E. V. (1990). Motivational and Self-Regulated Learning Components of Classroom Academics Performance. Journal of Educational Psychology, Vol. 82, no. 1, 33-40,1990.

Sardiman, A.M, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2007). Influencing children’s self-efficacy and self-

regulation of reading and writing through modeling. Reading and Writing Quarterly, 23, 7-25.

Tri Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Uno, B Hamzah. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Syamsu. (2014). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya. Ablard, K.E. & Lipschultz, R.E. 1998. Self regulated learning in high achieving students:

Relation to advanced reasoning, achievement goals, and gender. Journal of Educational Psychology, 90, 94-101