Pengaruh Metode Iqra Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Prasekolah

Isi Artikel Utama

Ghefira Aulia Shafa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan baca tulis metode iqra terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak usia prasekolah di TK Al-Qur’an Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data melalui software SPSS versi 22. Jumlah populasi anak sebanyak 52 orang dan peneliti mengambil total keseluruhan populasi sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima dengan menggunakan uji parsial dan uji simultan. Besar pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y ialah 24,9% dengan nilai persamaan regresi Y = -24,846 + 1,285 X yang mana menunjukan arah pengaruh yang positif

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aulia Shafa, G. (2021). Pengaruh Metode Iqra Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Prasekolah. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 3(2), 90–129. https://doi.org/10.53401/iktsf.v3i2.69
Bagian
Artikel

Referensi

Abdurahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anshori. 2013. Ulumul Qur’an. Jakarta: Rajawali Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Departemen Agama RI. 1995. Metode-metode Membaca Al-Qur’an di Sekolah Umum. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Hallen, A. 2005. Bimbingan dan Konseling. Ciputat: Quantum Teaching.

Jaya, Indra. 2010. Statistik Penelitian Untuk Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Data dan Teknologi Informasi. 2021. APK & APM Paud, SD, SMP, dan SMA (Termasuk Madrasah Sederajat). Jakarta

Komalasari, Gantina dkk. 2011. Assesment Teknik Non Tes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: PT. Indeks.

Lembaga Ilmu Al-Qur’an Indonesia YASBIQ. 2010. Diktat Training Peningkatan Kompetensi Guru (TPKG). Bandung: LIQA YASBIQ.

M. Nasir Jamil. 2013. Anak Bukan Untuk Dihukum. Jakarta: Sinar Grafika.

Muhadjir Sulthon. 1995. Al-Barqy Buku Belajar Baca Tulis Huruf Al Qur’an. Surabaya: Pena Suci.

Muhidin, Sambas Ali, dan Maman Abdurahman. 2017. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian Dilengkapi dengan Aplikasi Program SPSS. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Mustafa, Syaikh Fuhaim. 2009. Kurikulum Pendidikan Anak Muslim. Surabaya: Pustaka Elba.

Nawari. 2010. Analisis Regresi Dengan MS Excel 2007 dan SPSS 17. Jakarta: Gramedia

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Poerwadarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Shihab, M. Quraish. 1996. Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

STID Sirnarasa. 2021. Pedoman Penulisan Skripsi. Ciamis: STID Press.

Subagyo, P. Joko. 2011. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktik Yogyakarta: Aneka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim Tadarus Angkatan Muda Masjid dan Musholla (AMM). 1993. Pedoman Pengelolaan TKA-TPA. Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al Qur’an.

Zuhri, Moh. 1974. Tarjamah Juz Amma. Jakarta: Pustaka Aman

Jamaludin, O. (2021). Peran Pesantren Salafi dalam Peningkatan Kualitas Akhlak Santri: Iktisyaf Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, 3 (1), 86-106.

Sumber Internet

www.bphn.go.id. UU No. 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU No. 23 tahun 2002 tetang Perlindungan Anak. Diakses pada 02 Februari 2021.

www.kbbi.co.id. Diakses pada 02 Februari 2021.